HUT NKRI Yang Ke 74 Bersama James Pakuan School - James Education Center

 

HUT NKRI Yang Ke 74 Bersama James Pakuan School

HUT NKRI yang ke 74 bersama James Pakuan School diadakan pada hari Jumat, 23 Agustus 2019 di James Pakuan School, Jl. Dahlia II No. 6, komplek Pakuan II, Tajur, Bogor.

Acara yang biasa kami sebut Potluck merupakan acara rutin yang diadakan setiap tahun dalam rangka memperingati perayaan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Format acara Potluck 2019 dalam rangka merayakan HUT NKRI yang ke 74 sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bernyanyi dan menari bersama, permainan, pemberian bingkisan. Walau demikian, acara tetap berlangsung ceria, penuh canda tawa, semua bergembira, murid-murid, orang tua / wali murid dan guru-guru James Pakuan School.

Selain untuk menanamkan rasa Cinta Tanah Air sebagai anak bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada anak-anak usia dini, kegiatan Potluck ini juga bertujuan untuk mendekatkan hubungan antara sesama  orang tua / wali murid, juga dengan guru-guru James Pakuan School. Semuanya dilakukan bersama-sama, mulai dari menyiapkan konsumsi, bingkisan, dekorasi, jalannya acara, dan lainnya.

Bernyanyi dan Menari Bersama

Acara dibuka oleh Ma’am Laila dengan menyapa orang tua / wali murid yang hadir, mengajaknya untuk berpartisipasi dalam acara Potluck 2019 ini. Dilanjutkan dengan anak-anak bernyanyi bersama “Hello Song”, sebuah lagu yang menjadi standar lagu untuk Taman Bermain dan Taman Kanak-Kanak di James Pakuan School dan James Kid School.

Setelahnya anak-anak mengajak orang tua / walinya masing-masing untuk ikut bernyanyi dan menari bersama-sama, termasuk semua guru-guru James Pakuan School. Tiga buah lagu didendangkan bersama, murid-murid, orang tua / wali murid, guru-guru James Pakuan School, semuanya bernyanyi dan menari bersama dalam suasana yang penuh kegembiraan.

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Dilanjutkan dengan narasi singkat tentang sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia yang dibacakan oleh Ma’am Shella, dibantu dengan beberapa anak K2 dan beberapa guru James Pakuan School dengan aksi teatrikalnya.

Tidak lengkap rasanya dalam acara perayaan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanpa menyanyikan lagu “Hari Merdeka (17 Agustus 1945)”, ciptaan bpk. H. Mutahar. Sambil mengibarkan bendera merah putih, seluruh murid, orang tua / wali murid, dan guru-guru James Pakuan School bernyanyi bersama lagu “Hari Merdeka”, diakhiri dengan yel-yel “Merdeka” yang diteriakan oleh semuanya.

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Bermain Bergembira Bersama

Seperti sudah menjadi kebudayaan, perayaan hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tidaklah lengkap tanpa permainan-permainan, perlombaan-perlombaan. Guru-guru James Pakuan School sudah menyiapkan beberapa permainan untuk murid-muridnya, antara lain memindahkan bola, estafet karet gelang, memasukkan pensil ke dalam botol dengan menggunakan tali di belakang, joget balon.

Sambil bermain, semua yang hadir juga dapat mencicipi hidangan yang sudah disiapkan oleh orang tua / wali murid, berbagai aneka hidangan ada di sana, berbagai macam kue, nasi box, buah, berbagai macam minuman hingga mie bakso, mie goreng, makaroni panggang, es kelapa muda, mantul kalau meminjam istilah kekinian.

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Usai lomba anak-anak, Ma’am Laila mengajak orang tua / wali murid yang hadir untuk berfoto bersama:

Orang Tua / Wali Murid James Pakuan School - Potluck 2019

 

Giliran Orang Tua

Usai permainan dan perlombaan untuk anak-anak, tiba giliran permainan untuk orang tua / wali murid yang hadir. Ada tiga macam permainan yang disiapkan oleh para guru untuk orang tua / wali murid. Setiap permainan menuntut kecekatan, konsentrasi dan juga kerja sama di antara orang tua / wali murid yang mengikutinya.

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Usai permainan untuk orang tua / wali murid, acara ditunda sejenak untuk rehat sambil menikmati hidangan yang sudah tersedia.

Yang Klasik Yang Diminati

Acara dilanjutkan dengan lomba klasik untuk anak-anak, ya apa lagi kalau bukan lomba makan kerupuk, perlombaan klasik yang tetap diminati anak-anak. Terlihat betapa begitu antusiasnya anak-anak mencoba melahap kerupuk yang diikat dengan tali rafia. Tidak membutuhkan waktu lama, guru-guru akhirnya memperbolehkan murid-murid untuk menggunakan tangannya memegang kerupuk dan memakannya dengan cepat.

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Giliran Para Guru

Orang tua / wali murid James Pakuan School ternyata juga sudah menyiapkan permainannya sendiri untuk para guru-guru. Mereka menyiapkan tiga buah permainan untuk para guru, memasukkan pensil yang diikatkan di belakang tubuh ke dalam botol, adu cepat duduk di kursi, dan adu cepat makan jeruk lemon (hmmm….).

Foto selengkapnya, dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JPS-Potluck-2019

Dengan berakhirnya permainan untuk para guru, usai juga seluruh rangkaian acara Potluck 2019 dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Yang Ke 74.

Pembagian bingkisan dimulai dari para orang tua yang meyerahkan bingkisan kepada guru, kemudian pembagian bingkisan untuk seluruh murid yang hadir, dan pembagian bingkisan untuk orang tua.

Semoga acara Potluck dalam rangka merayakan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, rasa keakraban dan kekeluargaan terpupuk semakin besar di antara orang tua / wali murid yang setiap tahun silih berganti datang dan pergi di James Pakuan School.

Video liputan acara ini bisa dillihat melalui tautan ini: https://youtu.be/OYMAOUFM_1A

 

Dirgahayu Republik Indonesia Yang Ke 74 – SDM UNGGUL INDONESIA MAJU.

Sampai jumpa lagi di acara berikutnya…

 

Shares