International Fair With James Elementary School - James Education Center

 

International Fair With James Elementary School

International Fair With James Elementary School diadakan pada hari Selasa 11 Desember 2018. Acara dilangsungkan di James Elementary School, Jl. Dahlia II No. 6, Kompleks Pakuan II, Tajur, Bogor. Acara yang bertemakan menampilkan kebudayaan dari berbagai negara ini bertujuan untuk menambah wawasan murid-murid James Elementary School terhadap kebudayaan negara-negara di dunia.

Mereka dibagi menjadi 6 (enam) tim yang terdiri dari beberapa murid James Elementary School berbagai kelas dari kelas 1 – kelas 6. Masing-masing tim memilih negara yang akan diwakilinya. Adapun negara yang mereka pilih adalah Indonesia, Uni Emirates Arab, India, Jepang, Korea Selatan dan Mexico.

Menyiapkan Booth

Sehari menjelang acara, masing-masing tim sibuk mempersiapkan “booth” untuk menampilkan makanan / minuman khas dari negara yang mereka wakilkan. Terlihat kesibukan di pagi hari pada hari “H” berlangsungnya acara. Masing-masing tim sibuk menyiapkan “booth”nya agar tampak menarik. Tidak hanya itu, murid-murid pun mengenakan kostum senada dengan negara yang diwakilkannya.

Foto selengkapnya bisa dilihat di: http://bit.ly/JES-2018-InternationalFair

Ma’am Erna membuka acara International Fair With James Elementary School dengan memperkenalkan masing-masing tim yang mewakili satu negara:

Foto selengkapnya bisa dilihat di: http://bit.ly/JES-2018-InternationalFair

Penampilan Setiap Tim

Acara dilanjutkan dengan penampilan masing-masing tim memperkenalkan kebudayaan negara yang diwakilinya, dari enam tim yang ada, lima di antaranya menampilkan tarian traditional dari negara yang diwakilinya.

Pertama tim Indonesia yang memilih kebudayaan Betawi, menari (istilah Betawi: ngibing) dengan iringan lagu “Ondel-ondel”, dilanjutkan dengan tim Uni Emirates Arab yang menampilkan “story telling” tentang kisah 1001 malam Aladin.

Suasana semakin semarak ketika Tim Mexico menampilkan tarian dengan irama yang khas negara tersebut, dilanjutkan tarian tiga pasang murid laki-laki dan perempuan dari tim India yang membuat suasana semakin terasa ceria.

Tim Jepang menampilkan tarian dengan payung dan diakhiri dengan tim Korea Selatan dengan tarian kipas yang khas dengan iringan lagu “Arirang”nya yang sudah mendunia.

Foto selengkapnya bisa dilihat di: http://bit.ly/JES-2018-InternationalFair

Mencicipi

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi booth setiap tim yang di atasnya dipenuhi dengan makanan. Tim Korea Selatan menyediakan Kimbab dan produk kemasan asal Korea. Tim Jepang menyediakan Dango yang berbentuk seperti sate yang disajikan dengan olesan selai chocolate, dan beberapa produk kemasan. Tim India menyediakan Lassi (yoghurt) dan Aloo Pakora (potato nuggets).

Tim Indonesia yang memilih kebudayaan Betawi menyediakan makanan khas betawi, nasi uduk, kembang goyang, sagon dan es mambo kacang hijau (hmmm nyam-nyam). Tim Uni Emirates Arab menyediakan Lugaimat yang disajikan dengan toping syrup dan mesjes, juga ada kacang, kismis dan kurma. Tim Mexico menyediakan nachos dengan toping barbeque sauce dan irisan keju,yang menjadi favorit para pengunjung, karena nachos yang disediakan tidak tersisa.

Foto selengkapnya bisa dilihat di: http://bit.ly/JES-2018-InternationalFair

Lucunya anak-anak yang berusaha melayani orang-orang yang datang ke booth nya masing-masing, sambil melayani sambil mengunyah, selesai melayani kembali mengambil makanannya. Cermin kejujuran jiwa anak-anak yang polos, mereka tidak menyembunyikannya, apa adanya.

“Recognition”

Tidak ada usaha yang sia-sia, dan pengakuan membuatnya menjadi lebih baik. Demikian juga dengan acara International Fair With James Elementary School, guru-guru James Elementary School sudah menyiapkan 3 (tiga) penghargaan untuk acara ini, yaitu The Best Performance, The Best Costume dan The Best Booth. Yang menjadi juri adalah para guru-guru dari James Pakuan School (Kindergarten).

The Best Performance jatuh pada Tim India, The Best Costume jatuh pada Cecillia, murid kelas 4 yang mengenakan baju tradisional wanita betawi, The Best Booth jatuh pada Tim Mexico.

Foto selengkapnya bisa dilihat di: http://bit.ly/JES-2018-InternationalFair

Save The Best For Last

Acara diakhiri dengan Ma’am Erlin memukul Pinnata di mana di sekelilingnya, murid-murid James Elementary School sudah bersiap-siap untuk merebut apapun yang keluar dari Pinnata tersebut. Pemukulan Pinnata ini menjadi final dari rangkaian acara International Fair With James Elementary School.

Bukan kesempurnaan dari penampilan anak-anak, bukan kehebatan mendesain dekorasi booth, tetapi adalah proses yang dilalui anak-anak bersama para guru dan orang tua yang mendukung kegiatan anaknya dalam kegiatan belajar mengajar. Inilah yang utama di dalam setiap kegiatan yang diadakan James Elementary School dan James Education Center pada umumnya.

Terima kasih kepada orang tua, wali, guru, staf dan semua yang sudah membantu agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Untuk melihat videonya: https://youtu.be/mUTL78tk5cY

 

Sampai jumpa di acara lainnya.

 

Shares