James (Elementary) School Goes To Taman Buah Mekarsari - James Education Center

 

James (Elementary) School Goes To Taman Buah Mekarsari

Pada hari Jumat 29 November 2019, murid-murid James (Elementary) School mengadakan Field Trip ke Taman Buah Mekarsari, Jonggol, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Mulai dari jam 7-an, murid-murid James (Elementary) School sudah mulai tampak berdatangan ke James Education Center Viladuta yang menjadi titik kumpul keberangkatan kami.

Sebelum berangkat, seluruh murid berkumpul di “Corner Hall” untuk mendapatkan pengarahan dari guru mengenai kegiatan yang nantinya akan dilakukan bersama di Taman Buah Mekarsari.

Sekitar jam 8, para murid dan guru bersiap-siap untuk berjalan menuju bus yang sudah menunggu sejak pagi hari. Dengan diantar oleh beberapa orang tua / wali murid, para murid bersama dengan para guru James (Elementary) School berjalan menuju bus.

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

Cuaca Yang Bersahabat

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam-an melalui tol Bogor menuju Jakarta, keluar di pintu tol Cibubur dan dilanjutkan dengan menyusuri Jl. Transyogi (Terusan Cibubur), kamipun tiba di Taman Buah Mekarsari.

Walau sudah memasuki musim penghujan, kami bersyukur cuaca pagi hari ini bersahabat dengan terangnya sinar matahari pagi yang menghangatkan tubuh kami sekeluarnya dari bus.

Masing-masing guru yang merupakan PIC (Person In Charge) dari kelompok murid-murid yang sudah ditentukan sebelumnya segera mengumpulkan anggotanya.

Kami berjalan beriringan memasuki area depan pintu gerbang Taman Buah Mekarsari. Di sini kami mengabadikan kedatangan kami dengan berfoto bersama. Setelah itu kami memasuki melewati pintu gerbang Taman Buah Mekarsari, di mana sudah ada petugas yang menunggu kami di sana membagikan gelang kertas pengunjung yang dililitkan di pergelangan tangan kami. Setelah itu kami berjalan menuju “Information Center Building”.

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

Information Center?

Suasana terlihat dan terasa lenggang di dalam gedung “Information Center” Taman Buah Mekarsari, jika tidak ingin dikatakan sepi, mungkin saja karena hari Jumat. Patung perunggu wajah Ibu Tien Soeharto (istri dari Presiden ke 2 RI) di atas prasasti peresmian yang terletak di bagian tengah gedung menyambut kami.

Beberapa informasi tentang Taman Buah Mekarsari terpampang di dinding lantai dasar sisi kiri gedung tersebut. Ada beberapa diorama mini juga di sana dengan beberapa contoh taksidermi seperti ular sanca batik, lebah madu, kumbang badak, dan lainnya.

Dikatakan di poster yang tertempel di dinding bahwa Taman Buah Mekarsari diharapkan dapat menjadi sumber penelitian dan pengembangan budidaya tanaman holtikultura yang beraneka ragam khas Indonesia. Selain itu juga Taman Buah Mekarsari diharapkan dapat menjadi pusat konservasi, reboisasi, edukasi dan rekreasi.

Di area belakang gedung ada beberapa area terpisah seperti toko buah dan toko souvenir, tapi sayangnya toko buah yang ada sepertinya sudah lama kosong dan tidak difungsikan.

Sambil menunggu jemputan yang akan mengantarkan kami ke beberapa tempat pemberhentian dalam acara eduwisata di Taman Buah Mekarsari ini, murid-murid bersama para guru melihat-lihat diorama dan informasi yang ada di sini.

Karena tidak adanya pemandu dari Taman Buah Mekarsari yang menjelaskan apa yang ada di diorama-diorama di sana, murid-murid James (Elementary) School mencoba mendiskusikan dan mereka-reka apa yang mereka lihat dengan ingatan dan pengertian mereka ketika belajar di sekolah.

Dalam kesempatan ini, kami sempat berfoto bersama untuk masing-masing kelompok murid dengan PIC (Person In Charge) nya masing-masing.

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

Jemputan Tiba, Perjalanan Dimulai

Mobil gandeng yang akan mengantar kami tiba, satu persatu murid dan guru James (Elementary) School menaiki kendaraan tersebut, dan kamipun memulai perjalanan kami di Taman Buah Mekarsari. Pemberhentian kami yang pertama adalah kebun salak.

Dalam perjalanan, pemandu dari Taman Buah Mekarsari menjelaskan dan menginformasikan tanaman buah apa saja yang saat ini sedang berbuah di sana. Tidak lupa juga pemandu tersebut menginformasikan apa saja yang ada di sisi kiri kanan jalan yang kami lalui.

Tetapi banyak beberapa obyek yang seharusnya dapat kami nikmati seperti air mancur, air terjun tidak diaktifkan, sang pemandu mengatakan bahwa semua itu hanya diaktifkan di hari-hari libur nasional dan weekend saja.

Setelah 6-7 menit di perjalanan, kami tiba di pemberhentian pertama eduwisata kami, yaitu kebun salak. Melalui jalan di sela-sela pohon salak yang diberi pagar bambu pada sisi kiri dan kanannya, rombongan murid dan guru James (Elementary) School berjalan ke arah dalam perkebunan salak.

Sekitar 50-60 meter berjalan, kami tiba di sebuah tenda persegi empat di mana di sana sudah disiapkan sekeranjang besar penuh salak untuk dicicipi. Tidak semua murid menyukai salak, ada yang asik menyantapnya sambil menunggu bantuan dari guru untuk mengupasnya, ada juga yang hanya melihat-lihat karena tidak menyukainya.

Pemberhentian kedua kami adalah sebuah kedai yang sudah menyiapkan juice mangga untuk dicicipi. Sepertinya semua yang hadir menyukai juice mangga yang disediakan. Selain diberikan segelas juice mangga, murid-murid juga diberikan pilihan buah salah satu dari satu sisir kecil pisang dan satu buah belimbing sebagai tambahan.

Pemberhentian ketiga kami adalah sebuah kedai yang berada tidak jauh dari pinggir jalan, di mana di situ sudah disiapkan rujak mangga di dalam wadah plastik. Setiap anak mengantri untuk mengambil jatahnya masing-masing. Sama seperti salak, ada beberapa anak yang tidak menyukainya, tetapi dianjurkan untuk tetap mengambilnya untuk dibawa pulang.

Ada seorang anak yang begitu gigihnya tidak mau mengambil jatah rujak mangga miliknya walau sudah dibujuk, dibawa pulang untuk mama, untuk teman, untuk tetangga, untuk mbak di rumah. Tetapi dengan gigih dia menjawab, mamanya tidak suka, teman dan tetangganya tidak suka, bahkan mbaknya dibilang tidak suka makan apapun. Lucunya anak-anak…

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

Istirahat Menunggu Petualangan Terakhir

Sekitar jam 11-an kami tiba di area sisi Danau Mekarsari, di mana area tersebut banyak ditumbuhi pohon-pohon yang begitu rindang. Suasana sejuk terasa di hari yang cukup panas saat itu. Sambil menunggu saatnya istirahat makan siang, murid-murid sibuk bersama teman-teman menjelajah area sekitar.

Tidak jauh dari area kami berada, adalah dermaga di mana nanti kami akan berpetualang menaiki “Dragon Boat” menyusuri danau Mekarsari.

Dengan menggelar tikar, para murid bersama guru sama-sama lesehan menikmati makan siang di bawah rindangnya pepohonan yang ada di sana. Sejuk di mata, karena ke mana arah mata memandang, kami hanya melihat warna hijau yang mendominasi.

Selesai bersantap siang, kami rehat sejenak menikmati semilir angin dan keheningan di sana. Yang terdengar begitu nyata hanyalah suara murid-murid James (Elementary) School yang sedang saling berbincang dan bermain.

Mengisi waktu sambil menunggu petugas yang akan mengantar kami menaiki “Dragon Boat”, murid dan guru James (Elementary) School mengadakan permainan “Cat & Mice”.

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

“Dragon Boat”

Akhirnya saat yang dinantikan tiba, saatnya naik “Dragon Boat” menyusuri danau Mekarsari. Karena hanya satu “Dragon Boat” yang dioperasikan, maka rombongan James (Elementary) School dibagi menjadi 3 grup yang bergantian menaiki “Dragon Boat”.

Usai berkeliling menyusuri danau Mekarsari dengan “Dragon Boat”, kami kembali berkumpul di area sebelumnya menunggu jemputan kembali ke “Information Center Building”, tempat kami memulai perjalanan hari ini di Taman Buah Mekarsari.

Foto selengkapnya dapat dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JS-Mekarsari-2019

Video liputan kegiatan ini bisa dilihat melalui tautan ini: https://youtu.be/17jf9KOlK5o

 

Sampai jumpa di kegiatan berikutnya…

 

 

 

Shares