James Kid School & James Pakuan School Field Trip To Kuntum Farmfield - James Education Center

 

James Kid School & James Pakuan School Field Trip To Kuntum Farmfield

James Kid School & James Pakuan School Field Trip To Kuntum Farmfield diadakan pada hari Jumat 30 November 2018. Di pagi hari yang cerah itu, guru-guru dari James Kid School dan James Pakuan School berkumpul di depan Kuntum Farmfield yang berlokasi di Tajur, Bogor. Para murid pun satu per satu berdatangan dengan diantar oleh orang tua / walinya masing-masing.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

Setelah semua murid-murid James Kid School dan James Pakuan School berkumpul, kami pun berfoto bersama:

 

Memberi Makan Ikan

Acara diawali dengan memberi makan ikan. Di beranda Kuntum Farmfield, tepatnya sebelah kiri setelah kita memasuki pintu, ada kolam ikan yang lumayan besar berisi dengan aneka warna dan aneka ukuran ikan. Masing-masing murid dibekali sekantong plastik kecil pakan berupa pelet untuk mereka sebarkan kepada ikan-ikan tersebut.

James Kid School menempati area sebelah kanan dan James Pakuan School menempati area sebelah kiri. Dengan jumlah ikan di kolam yang begitu banyak membuat anak-anak terkesiap dan antusias memberikan makan.

 

Setelah itu, kamipun berjalan ke dalam area Kuntum Farmfield, ke tempat istirahat yang sudah disiapkan untuk rombongan James Kid School dan James Pakuan School. Setelah berjalan sambil menikmati pemandangan, kami pun tiba, dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan kegiatan kami di Kuntum Farmfield.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Menunggang Kuda

Setelah beristirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan berkuda, masing-masing anak mendapatkan gilirannya menunggang kuda dengan ditemani oleh seorang pawang dari Kuntum Farmfield. Kebanyakan dari para murid-murid, ini adalah pertama kalinya mereka menunggang kuda. Ada beberapa orang murid yang tidak ingin menunggang kuda.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Unggas

Acara dilanjutkan dengan mengunjungi kandang unggas berisikan ratusan ekor ayam dan burung dara / merpati. Dibandingkan beberapa waktu sebelumnya, pada acara Holiday Class, kepadatan populasi unggas terasa berkurang jauh, hal ini berpengaruh pada “keseruan” berada di dalam kandang unggas tersebut.

Biasanya dengan tingkat kepadatan yang tinggi, begitu kita menyebarkan pakan, ayam dan burung-burung tersebut langsung serentak beramai-ramai merubungi area di mana pakan disebarkan dengan suara riuh rendahnya. Tentunya ini akan terasa lebih “seru” melihat hewan-hewan tersebut dengan jumlah yang banyak.

Selepas dari kandang berisikan ayam dan burung dara / merpati, kami melewati kandang berisikan angsa-angsa berwarna putih dengan suara khasnya yang nyaring.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Memberi Makan Sapi

Usai dari area unggas, murid-murid beserta guru dan didampingi dengan orang tua / walinya masing-masing bejalan menuju area di mana terlihat beberapa ekor sapi betina berada di dalam kandangnya. Jika dilihat dari bentuk dan warna sapi yang belang-belang hitam dan putih, sepertinya jenis sapi tersebut adalah sapi Australia yang dikenal dengan produksi susunya.

Staf dari Kuntum Farmfield menjelaskan kepada murid-murid cara memegang rumput yang benar untuk memberi makan sapi-sapi tersebut. Mengapa? Karena ada bagian yang bisa membuat luka pada kulit tangan ketika sapi-sapi itu mengambil rumput tersebut dari tangan kita menggunakan mulutnya dengan cepat.

Tubuh-tubuh mungil murid-murid Toddler, Playgroup dan Kindergarten dari James Kid School dan James Pakuan School terlihat semakin mungil bila disandingkan dengan sapi-sapi tersebut.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Kelinci Dan Guinea Pig (Marmut)

Usai memberi makan sapi-sapi, rombongan berjalan ke area di mana terdapat kandang kelinci dan guinea pig yang letaknya berseberangan. Di saat yang bersamaan, murid-murid James Kid School memasuki kandang kelinci dan murid-murid James Pakuan School memasuki kandang guinea pig.

Kebanyakan dari murid-murid terlihat nyaman memberi makan kelinci dengan sayuran yang mereka bawa sebelumnya. Ada beberapa yang terlihat begitu antusias ingin menggendong kelinci, bahkan mengejarnya ketika kelinci itu berontak melepaskan diri dari gendongannya. Ada juga yang sedikit ragu untuk membelainya. Biarkan mereka berinteraksi senyaman mereka terhadap lingkungannya.

Demikian pula dengan murid-murid di kandang guinea pig, mereka memperlihatkan sikap yang sama. Beberapa tanpa ragu menangkap dan menggendongnya, beberapa ragu-ragu, tetapi akhirnya berani membelai dan menggendongnya, natural. Mereka semua menikmatinya.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Save The Best For Last

Bersebelahan dengan kandang kelinci dan guinea pig, terdapat kandang kambing dan domba. Tidak hanya kambing dan domba dewasa, ada kandang khusus untuk anak-anak kambing dan domba. Hingar bingar suara mereka memenuhi telinga, mbekkkk, mbekkkkk, bersahut-sahutan tiada hentinya.

Murid-murid James Kid School dan James Pakuan School bergantian memberikan makanan kepada hewan-hewan tersebut. Untuk kambing / domba dewasa murid-murid memberikan rerumputan dan sayuran, sedang untuk anak-anak kambing / domba, para murid memberikan susu yang dimasukkan ke dalam botol, persis seperti bayi.

Lucu melihat mimik anak-anak ketika melakukan hal tersebut, mimik jijik, ragu, berani, suka, senang, semuanya menjadi satu.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Tidak terasa, matahari semakin tinggi, perjalanan murid-murid James Kid School dan James Pakuan School ke Kuntum Farmfield, Tajur Bogor, hampir mendekati puncaknya. Acara kunjungan ini akan diakhiri dengan bersenang-senang menangkap ikan di kolam yang sudah disediakan oleh Kuntum Farmfield.

Betapa senangnya anak-anak bermain di kolam sambil menangkap ikan, teriakan, tawa, senyum sumringah terlihat di wajah mereka menandakan mereka menikmati suasana keceriaan walau matahari terasa cukup panas menyengat.

Foto-foto selengkapnya, bisa dilihat melalui tautan ini: http://bit.ly/JKS-JPS-2018-Kuntum

 

Usai acara menangkap ikan, giliran orang tua / wali dan guru sibuk untuk membantu anak-anak mengganti pakaiannya yang sudah basah kuyup. Masih terlihat sisa-sisa rasa senang di wajah-wajah mungil generasi penerus bangsa. Semoga pengalaman mereka dalam acara Field Trip To Kuntum Farmfield memberikan pemahaman dan membuka wawasan yang lebih baik tentang hewan-hewan yang mereka temui di sana.

Selesai berganti baju, murid-murid, orang tua / wali dan guru-guru James Kid School dan James Pakuan School berkumpul di tempat peristirahatan sambil santap siang. Usai bersantap siang, satu persatu, murid-murid pulang bersama orang tua / wali ke rumahnya masing-masing sambil membawa beberapa ekor ikan mas hidup yang sudah disiapkan dalam kantong plastik. Oleh-oleh atas kunjungan ke Kuntum Farmfield.

Acara Field Trip To Kuntum Farmfield usai sudah, terima kasih kepada seluruh murid dan orang tua / wali yang sudah mendukung sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih juga kepada seluruh guru / staf James Kid School dan James Pakuan School. Sampai jumpa pada kegiatan selanjutnya.

Video liputan kegiatan ini bisa dilihat di https://youtu.be/Bx02x6xXwvk

Untuk mendapatkan notifikasi video-video kegiatan kami selanjutnya, silahkan subscribe channel youtube kami: http://bit.ly/JEC-Sub

 

 

Shares