Last Day Holiday Class 2018 #2 - James Education Center

 

Last Day Holiday Class 2018 #2

Kami namakan Last Day Holiday Class 2018 #2 karena ini adalah kegiatan hari terakhir (outing) kelompok kedua dari Holiday Class 2018. Bertempat di Kuntum farmfield, acara ini diadakan pada tanggal 13 Juli 2018 dan dijadwalkan dimulai jam 09:30.

Holiday Class adalah kegiatan pengisi liburan yang dilaksanakan maraton 5 hari berturut-turut. Berita mengenai Holiday Class 2018 James Education Center sudah pernah kami publikasikan sebelumnya yang bisa dilihat melalui tautan ini.

Ma’am Putri dari James English Course yang sudah hadir menjelaskan apa saja yang akan dilakukan bersama anak-anak dalam kegiatan Last Day Holiday Class 2018 #2 ini. Masing-masing anak akan diberikan sebuah kartu untuk mencatat apa-apa saja yang sudah mereka lakukan saat melakukan kegiatannya di dalam area Kuntum farmfield.

“Tidak Biasa”

Sambil menunggu, Ma’am Putri mengajak anak-anak yang sudah hadir bercakap-cakap sambil duduk mengelilingi sebuah meja persegi. Dan melakukan interaksi dengan benda-benda yang sudah dikenal sehari-hari, seperti uang dan tiket masuk untuk memancing inisiatif anak-anak berceloteh dalam bahasa Inggris.

Tidak lama kemudian karena waktu sudah menunjukkan jam 09:45, kami beranjak masuk ke dalam area Kuntum farmfield. Setelah mengenakan caping untuk melindungi kepala dari sengatan matahari dan mendapatkan penjelasan mengenai “log card” untuk tiap-tiap anak oleh Ma’am Tyas, kamipun melanjutkan perjalanan di Kuntum farmfield.

Tidak lama melangkahkan kaki di area Kuntum, terdengar suara nyaring bersahut-sahutan domba-domba yang menjulurkan kepalanya dari balik kandang mereka. Biasa saja bagi anak-anak yang terbiasa dengan kehidupan di pinggiran kota, tetapi bagi anak-anak yang terbiasa dengan bising lalu lintas perkotaan, adalah sesuatu yang “tidak biasa”. Menjadi semakin tidak biasa lagi ketika mereka mencoba memberikan susu di dalam botol kepada domba-domba, anak domba serta anak kambing yang penuh hiruk pikuk dengan suara “mengembiknya”.

Setelah itu, kami masuk ke kandang kelinci sambil membawa pakan yang kami beli sebelumnya.

Sekeluarnya dari area kandang kelinci, Ma’am Putri dan Ma’am Tyas mengingatkan anak-anak untuk memberikan tanda di “log card” masing-masing, apa saja yang sudah dilihatnya sepanjang perjalanan sebelumnya.

Setelah itu dilanjutkan dengan memasuki area “Guinea Pig” yang berada di seberangnya.

Perjalanan pun dilanjutkan, dan pengalaman “tidak biasa” bagi anak-anak semakin menjadi ketika memasuki area kandang sapi, di mana sapi-sapi itu terlihat begitu besar jika dibandingkan dengan tinggi badan anak-anak yang ikut serta outing Last Day Holiday Class 2018 #2 ini. Walau ragu-ragu mereka mencoba memberikan makanan kepada sapi-sapi yang berada di balik kandangnya.

 

Heboh

Dengan berbekal jagung kering, kami melangkahkan kaki ke kandang di mana terdapat begitu banyak burung merpati dan ayam. Bagi anak-anak yang jarang berinteraksi dengan hewan-hewan seperti ini, pertemuan dengan begitu banyak unggas di sebuah tempat membuat “kehebohan” sendiri.

Burung merpati dan ayam-ayam tersebut hanyalah menjalankan rutinitas mereka, yaitu mencari makan, dan mereka tahu para pengunjung yang datang ke tempat mereka membawa makanan untuk mereka. Secepat pengunjung menyebarkan jagung kering, secepat itulah unggas-unggas tersebut mengerumuni area di mana tempat berjatuhan jagung-jagung kering tersebut.

Kami mencuci tangan masing-masing di tempat yang sudah disediakan sekeluarnya dari kandang unggas tadi. Matahari semakin tinggi, kami beristirahat sambil membasahi tenggorokan dengan minum yang kami bawa masing-masing.

Outdoor Games

Setelah beristirahat sejenak, Ma’am Putri mengajak anak-anak bermain “Run away from the Bomb“, permainan sederhana untuk anak-anak seusia mereka yang berkisar antara 4-6 tahun. Melihat mereka bermain sungguh membuat hati gembira, mereka menunjukkan ekspresinya tanpa sungkan-sungkan, bukti kejujuran dari seorang anak. Permainan ini cukup menguras tenaga, termasuk tenaga Ma’am Putri dan Ma’am Tyas yang ikut berlari ke sana kemari bersama anak-anak.

Petak umpet menjadi penutup “outdoor games” di siang hari itu. Tidak terasa waktu sudah mendekati jam makan siang. Ma’am Putri mengajak anak-anak ke tempat makan untuk bersantap siang sambil beristirahat. Tempat makan yang dituju lokasinya bersebelahan dengan kolam pemancingan di mana terlihat ada 1-2 orang yang sedang memancing di kolam tersebut.

Untuk mengisi waktu menunggu makanan datang, anak-anak bermain “ular tangga”. Lumayan lama menunggu, akhirnya makan siang tersaji di meja. Selesai bersantap siang, tidak lupa setiap anak mendapatkan “es lilin” sebagai pencuci mulutnya.

Learning is Fun

Kegiatan Last Day Holiday Class 2018 #2 pun mendekati akhir. Beberapa anak yang sudah menyelesaikan makan siangnya, terlihat begitu santai dan menikmati suasana duduk di undakan tangga memandang kolam pemancingan sambil menyeruput es lilinya.

Akhirnya kegiatan Last Day Holiday Class 2018 #2 usai sudah, kami berfoto sejenak sambil menikmati es lilin yang belum habis, dan berjalan menuju teras depan tempat tadi kami masuk di mana orang tua dan penjemput sudah menunggu. Di sana kami berfoto kembali dan juga di area depan Kuntum farmfield.

Semoga dengan holiday class yang diadakan oleh James Education Center semakin menambah wawasan pengetahuan dan membuka pola pikir anak-anak yang mengikutinya menjadi lebih baik lagi.

Learning is Fun with James Education Center.

Untuk lebih asyik, kita tonton yuk liputan lengkapnya:

 

Sampai bertemu kembali di acara Holiday Class yang akan datang, liburan telah usai, selamat kembali bersekolah…